Puzzle – Teka-teki Silang

Puzzle merupakan salah satu bentuk permainan, misalnya teka-teki silang, tangram, puzzle keping, dan puzzle logika (kadang disebut asah otak). Tujuan bermain puzzle adalah untuk menyelesaikan problem atau masalah yang melibatkan pikiran kita untuk menyelesaikannya.

Orang biasanya suka pada jenis permainan puzzle tertentu, misalnya seseorang suka bermain teka-teki silang yang ada di koran atau majalah. Kesenangannya datang dari seberapa banyak dia dapat menyelesaikan teka-teki silang tersebut.

Teka-teki silang membuat seseorang mengingat-ingat dan mencari tahu kata yang didefinisikan atau diberikan petunjuk singkatnya serta mengeja kata tersebut. Semakin sering mengerjakan, seseorang akan mempelajari beberapa strategi yang berguna untuk meningkatkan keahliannya dalam menyelesaikan permainan teka-teki silang.

Bermain teka-teki silang sama halnya dengan mengasah otak dengan cara tertentu. Dari sudut pandang pendidikan, jelas bahwa bermain teka-teki silang dapat membantu memelihara dan meningkatkan kemampuan kosakata seseorang, kemampuan mengeja, serta menambah pengetahuan umumnya. Bagi sebagian orang, kemampuannya bermain teka-teki silang membantu kepercayaan dirinya dalam interaksi dengan orang lain.

Terjemahan bebas dari: Introduction to Using Games in Education: A Guide for Teachers and Parents, Dave Moursund, 2/3/07.