Belajar dengan bermain

Pendidikan memiliki banyak tujuan dan ada banyak sekali penelitian dan pengetahuan praktis tentang belajar dan mengajar.
Dalam hal belajar melalui game / permainan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
– Mempelajari cara untuk belajar.
– Mempelajari kekuatan dan kelemahan kita sebagai pelajar.
– Menjadi lebih baik dalam memecahkan permasalahan dan menyelesaikan tugas yang sulit.
– Menerapkan hasil belajar di dalam lingkungan game/permainan ke kehidupan nyata.
– Motivasi internal; Kita menjadi terikat karena kita mau. Yasmin Kafai menerangkan bahwa video game menghabiskan sangat banyak waktu kita untuk memainkannya. Dan tidak hanya jumlah waktu saja, tetapi kualitas keterikatan yang terbangun sangat jauh ketimbang menonton televisi apalagi pe-er dari sekolah. Suka ataupun tidak video game jelas merupakan komponen signifikan dari budaya anak kita.

Berpikir Komputasi
Otak/pikiran kita belajar dengan membangun dan mengingat pola. Pada saat kita bekerja untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan tugas, kita membandingkan dengan pola data, informasi, pengetahuan, dan pengalaman yang telah kita alami sebelumnya.
Lebih dari 5000 tahun yang lalu, membaca dan menulis menjadi sarana penting bagi otak/pikiran kita. Mulai beberapa puluh tahun yang lalu, komputer mulai memberi kontribusi penting bagi proses dalam otak/pikiran kita dengan memberikan akses informasi lebih, komunikasi lebih baik, dan alat untuk mengotomatisasikan beberapa jenis “kegiatan berpikir” manusia.

Berpikir komputasi merupakan proses memecahkan masalah yang memiliki karakteristik antara lain:
– Menganalisa dan mengorganisasikan data
– Memodelkan data, abstraksi data, dan simulasi
– Memformulasikan masalah sehingga komputer dapat membantu menyelesaikan
– Mengidentifikasi, ujicoba, dan implementasi kemungkinan solusi
– Mengotomatiskan solusi dengan algoritma
– Menggeneralisir dan menerapkan proses berpikir ini ke permasalahan lain.

Pendidikan modern menyiapkan pelajar untuk menjadi lebih produktif dan siap di dunia dimana kita biasa memecahkan masalah dengan memanfaatkan otak/pikiran dan komputer secara bersama-sama.
Games/permainan memberikan lingkungan yang sangat baik untuk mengeksplorasi ide berpikir komputasional. Fakta bahwa banyak permainan tersedia baik dalam bentuk langsung maupun dalam permainan komputer membantu menciptakan lingkungan belajar yang baik ini.

**disadur bebas dari artikel Using-Games-In-Education, http://uoregon.edu/~moursund/dave/index.htm